Belajar Cara Membuat Website

Cara Membuat Website

Sebagian orang masih menganggap cara membuat website sulit dan menyerahkan pekerjaan tersebut dengan mencari jasa sesuai tapi kamu boleh kok menggunakannya. Akan tetapi apakah kamu tahu cara mmebuat website itu sangat mudah bisa gratis, sendiri maupun online? Gimana tuh? Pasti kepo kan?

Yuk lanjutkan pembahasannya ya fans artikel di website kami terupdate! Selain mengetahui dasarnya, kamu juga menentukan proyek yang kamu ambil mengenai website kamu sampai pengerjaannya siap.

Cara membuat website gratis, online dan sendiri:

  1. Tentukan jenis website yang ingin kamu buat

Yup, disini kamu harus menentukan jenis website untuk kamu nih. Kalau tidak, website kamu akan tidak berjalan apa yang kamu inginkan. Oh ya, bagi kamu yang belum tahu mengenai jenis-jenis websitenya, aku akan menjelaskan secara detail. Berikut ini jenis-jenis website:

  1. Portofolio
  2. Website berita
  3. Komunitas online
  4. Website e-commerce
  5. Blog
  6. Edukasi
  7. Aturlah hosting dan nama domain yang cocok di website kamu buat

Kedua, kamu atur hsting dan nama domain nya seperti artikel yang aku tulis sebelumnya, hosting dan nama domain pun bisa kamu beli secara gratis, murah atau beli biasa sesuai kebutuhan kamu dan isi dompet ya! Bila kmu beli secara gratis atau harga murah pun tidak apa-apa.

Lalu, website yang kamu gunakan tertuju untuk kepada siapa (para pembaca) dan nama domainnya boleh kamu gunakan .com atau yang lainnya untuk mencakup view  yang banyak tulisan atau produk yang kamu serta keaktifan kamu mempublishnya.

  1. Install wordpress

Ini perlu diingat, jika kamu belum ada wordpress nya di website kamu. Segerakanlah untuk memudahkan kamu selama website kamu aktif. Lagipula kenapa aku memilih wordpress daripada yang lain?

Penggunaan wordpress terbilang mudah bahkan artikel seo ada di dalamnya. Aku tertarik dengan wordpress bisa menggunakan jasa pembauata artikel yang mudah dan menarik sehingga menarik pembaca untuk melihatnya sambil meninggalkan komentar.

Itu adalah pendapat saya, kalau begitu secara umumnya ada kan? Yup, wordpress disini bisa dipakai semua jenis web, seo friendly, ramah untuk pemula, open source dan gratis serta mendukung semua jenis media seperti gambar, foto, video, animasi, tulisan dan sebagainya.

  1. Install tema

Ehem, website kamu kurang menarik? Sini aku bantu ya! Install dulu temanya kalau kamu belum ada. Dari tadi kok suruh install mulu nih? Yup,tema adalah salah satu yang penting selain wordpress. Tema ini kamu sesuaikan dengan konsep website kamu agar tampilannya menjadi keren selama kamu gunakan.

Setelah diinstal, kamu tinggal milih deh tema yang  cocok. Dijamin webiste kamu makin oke!

  1. Pasang plugin yang kamu butuhkan

Selain kedua diatas yang penting, ada plugin juga kamu butuhkan loh! Apapun fitur tamabahan kamu di website ada di plugin tersebut misalnya saja buat fitur chat, keamanan bahkan  website mobile friendly. Plugin itu untuk menambah kelengkapa website dirimu agar ketika para pembaca atau pembeli bisa menghubungi kamu secara mudah dan tertarik.

Dalam menginstall plugin, kamu bisa langsung ke menu plugin > add new. Lalu cari plugin yang kamu inginkan,  klik install now dan aktifkan. Selain itu, tinggal kamu kustomkan dan melakukan pengaturannya. Siap deh  plugin kamu tuh!

  1. Optimasi web

Ini yang terakhir kamu harus tahu, meskipun lima cara diatas sudah siap membuat websitenya. Akan tetapi optimasi web penting juga. Kenapa? Website tanpa optimasi web membuat perjalanan website kamu tidak ada.

Setelah digunakan, website kamu akan berjalan secara optimal  sehingga kecepatan dan rangking di mesin pencari website kamu selalu ada. Ada dua optimasi yaitu optimasi SEO dan optimasi kecepatan.

Optimasi SEO ini digunaka untuk memudahkan kamu mendapatkan peringkat atas di mesin pencarian lewat kata kunci yang berkaitan dengan apa yang kamu atau para pembaca dapatkan.  Semakin tinggi posisi kamu semakin besar para pelanggan untuk tertarik dengan webiste kamu yang menarik.

Selain itu, optimasi ini dengan ekspetasi kamu yang berkeinginan menjadi rangking satu sangat sulit minimal website kamu ada di halaman pertama hasil pencarian.

Sedangkan optimasi kecepatan ini semakin cepat loading website kamu maka semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan acuan.

Betapa tidak? Ini bukan mimpi belaka. Misalnya webiste kamu berbasis bisnis, ketika para calon membeli produk tidak akan memakan waktu lama dikarenakan websitenya berjalan optimal.

Coba bayangkan website kamu melakukan loading lama maka para pelanggan tidak mau membukanya lagi dan kebanyakan orang akan memilih website yang lain lebih cepat (tidak suka menunggu terlalu lama).

Kalau kamu tidak sanggup atau belum mengerti, saran aku menggunaka jasa membuat website untuk memudahkan kamu seperti tokotalk yang memberikan penawaran website bisnis yang praktis dan lain-lain.

Masih ragu? Buktikan, coba dan rasakan kenyamanan kamu mempublish tulisan atau mengupload produk-produk di website kamu sendiri. Udah tahun 2020 loh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *